Minggu, 22 Februari 2015

Resensi Buku Ilmu Pengetahuan





Judul                             : Teknologi pada
                                 Masyarakat Desa
Pengarang                    :  Retno Widayanti
Penerbit                        : Cempaka Putih
Tanggal Terbit               : 2008
Tebal Buku                   : 60 halaman
Harga                           : Rp18.500,00



Isi
Desa merupakan sebuah kesatuan masyarakat yang telah ada sejak zaman dahulu. Kesatuan masyarakat ini terus berkembang dari waktu ke waktu. Meskipun awalnya proes perkembangan tersebut terlihat sangat lamban, seiring dengan perkembangan teknologi di berbagai bidang, lambat laun desa mampu bergerak lebih cepat.
Perkembangan teknologi yang sangat pesat dewasa ini mampu memberi konstribusi pada kehidupan manusia. Kemajuan teknologi inilah menyebabkan terjadinya perubahan yang cepat dalam kehidupan masyarakat, terutama masyarakat desa. Teknologi tidak
hanya memberikan dampak positif tetapi juga dampak negatif. Dampak ini timbul karena mayarakat tidak mampu menyesuaikan diri dengan perubahan zaman.
Berbagai peralatan teknologi modern telah dikenal masyarakat desa, mulai dari teknologi bidang pertanian hingga perangkat teknologi yang digunakan dalam kehidupan sehari hari. Khusus dalam bidang pertanian, teknologi modern mulai dikenal sejak berlangsungnya Revolusi Hijau. Sementara itu, teknologi modern perlahan lahan dikenal masyarakat sejalan dengan masuknya program program pembangunan dari pemerintah.
Meskipun demikian, perkembangan teknologi pada berbagai bidang yang mulai masuk dalam lingkungan pedesaan ini hendaknya perlu diwaspadai. Teknologi yang berkembang di era global ini memang secara positif memiliki muatan ilmu pengetahuan. Akan tetapi, globalisasi teknologi juga bermuatan materi pornografi dan kekerasan yang dipertontonkan dalam berbagai media. Hal-hal tersebut diungkapkan secara  lugas dalam buku ini. Dengan membaca buku ini, pembaca mampu mengantisipasi berbagai bentuk perubahan maupun dampak yang diakibatkan oleh perkembangan teknologi.


Kelebihan Buku       
Berdasarkan uraian tentang isi buku dapat disimpulkan bahwa isi di dalam buku tersebut diungkapkan secara  lugas. Maksudnya, bahasa yang digunakan dalam buku ini cukup sederhana sehingga pembaca dapat memahami isinya dengan mudah. Dengan membaca buku ini, pembaca mampu mengantisipasi berbagai bentuk perubahan maupun dampak yang diakibatkan oleh perkembangan teknologi. Selain itu, pembaca tidak akan bosan membaca buku ini karena dilengkapi dengan gambar yang mendukung.
Kekurangan Buku
Penulisan daftar pustaka dalam buku ini kurang sesuai dengan kaidah penulisan daftar pustaka dalam bahasa Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan adanya daftar pustaka yang berasal dari internet tidak disertai nama penulis sumber dan tidak disertai kata“online”dalam penulisannya.`Padahal sumber yang berasal dari internet seharusnya ditulis kata “online”. Hal tersebut sesuai dengan PPKI (Pedoman Penulisan Karya Ilmiah).
Komentar
Setelah membaca buku ini saya tau bahwa teknologi sudah menjamah masyarakat pedesaan. Selain saya mengetahui cara untuk mengantisipsi berbagai bentuk perubahan maupun dampak dari perkembangan teknologi.




1 komentar: